4 Cara Mengatasi Anak Tantrum yang Benar

4 Cara Mengatasi Anak Tantrum yang Benar

 

Anak-anak sering mengalami tantrum atau kondisi dimana Ia mengeluarkan semua emosinya dengan berbagai cara seperti menangis kencang. Kondisi ini sering menjadi masalah tetapi sangat wajar bagi anak karena ada banyak hal yang mungkin belum bisa dikomunikasikan. Ada beberapa cara mengatasi anak tantrum dengan benar seperti berikut ini.

1. Tetap Tenang

Hal pertama yang perlu dilakukan orang tua adalah tetap menjaga tenang dan tidak perlu terburu dalam menghentikan anak menangis. Ketika orang tua tenang, biasanya proses komunikasi akan lebih mudah dilakukan sehingga anak juga akan menjadi lebih tenang. Cobalah untuk berkomunikasi di tempat yang lebih tenang agar anak mau mengutarakan alasannya.

2. Cari Tahu Penyebab

Tantrum pada anak bisa menjadi tanda dari berbagai hal seperti anak yang kelaparan ataupun rasa lelah yang sulit diungkapkan. Ketika anak sudah bisa berbicara, penyampaian informasi bisa secara langsung tetapi sebelum itu mungkin anak akan menangis. Cobalah komunikasikan dengan anak secara perlahan agar alasan anak melakukan hal tersebut bisa diketahui.

3. Alihkan PerhatianĀ 

Seorang anak kecil sangat mudah untuk tertarik pada suatu hal sehingga mengalihkan perhatiannya pun bisa lebih mudah dilakukan. Beberapa cara dasar yang bisa dilakukan seperti misalnya memberikan beberapa mainan pada anak dan mengajaknya bermain. Jika tidak bisa, cobalah juga untuk memberi anak camilan kesukaan sehingga tidak akan lagi menangis.

4. Jangan MemukulĀ 

Anak yang mengalami tantrum bisa diatasi dengan menggunakan pola asuh otoritatif, jangan mencoba untuk memukul atau mengancam anak. Hal ini karena dua hal tersebut bisa berdampak pada anak yang juga akan memukul dan mengancam ke depannya. Cobalah beri penjelasan pada si anak, jangan selalu menuruti semua keinginan anak agar ke depan tidak sulit dikendalikan.

Tantrum sendiri seringkali terjadi akibat anak yang tidak bisa memiliki apa yang diinginkan sehingga memilih menangis kencang. Cara mengatasi anak tantrum sebenarnya dimulai dengan kebiasaan si kecil dan juga sangat bergantung pada ketenangan orang tua. Pencegahan juga bisa dilakukan dengan prinsip reward and punishment agar anak berusaha dan tidak rewel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.