5 Manfaat dan Cara Membudidayakan Tanaman Porang

5 Manfaat dan Cara Membudidayakan Tanaman Porang

Belakangan ini nama tanaman Porang semakin sering diperbincangkan. Kata Presiden Jokowi, tanaman umbi satu ini bakal jadi potensi baru tanaman ekspor yang diandalkan Indonesia. Bukan tanpa alasan karena ternyata tumbuhan yang dikenal dengan sebutan iles-iles ini punya banyak manfaat.

Di samping manfaat, cara membudidayakannya juga tergolong mudah. Hanya saja sampai saat ini masih pengetahuan tentang potensinya masih belum maksimal di kalangan petani berbagai daerah. Anda berminat membudidayakannya?

 

Manfaat Tanaman Porang

Lima manfaat tanaman dengan nama latin Amorphophallus Muelleri ini, berhubungan dengan keuntungan bisa diperoleh petani pembudidayanya. Karena, sangat banyak kalangan yang membutuhkan. Bukan saja di Indonesia tapi juga mancanegara.

  • Mengentalkan Bahan Makanan

Diolah dengan cara yang tepat, umbi ini dapat dijadikan emulsifier sekaligus mengentalkan adonan makanan. Oleh karena itu, di dunia kuliner khususnya makanan cemilan maupun menu utama sangat membutuhkan pasokan porang dalam jumlah banyak. Bukan saja industri lokal namun juga industri internasional.

  • Bahan Baku Pembuatan Makanan Luar Negeri

Di Taiwan, China, dan Jepang porang juga dipakai untuk membuat makanan khas seperti konyaku maupun mie shirataki. Kalau petani Indonesia bisa menjadi penyedia tanaman tersebut dalam jumlah besar, tentu dapat masuk kategori pemasok dan menguntungkan petani dan pengolahnya.

  • Bisa Dijadikan Bahan Pembuatan Tepung

Serat alami yang dikandungnya, juga menjadi alasan untuk menempatkannya sebagai bahan alternatif pembuatan tepung. Apalagi, untuk pengolahannya terbilang mudah asalkan dilakukan dengan benar. Karena, ketika dikonsumsi langsung tanaman tersebut dapat membuat gatal area lidah dan tenggorokan.

  • Menjernihkan Air

Ketika diolah oleh industri bahan penjernih air, juga dapat memberikan manfaat yaitu memastikan air menjadi lebih jernih dan dapat dimanfaatkan secara lebih maksimal. Tentunya akan sangat banyak industri home & living butuh bahan penjernih tersebut, dalam upaya menghasilkan produk industri lebih berkualitas.

  • Bahan Baku Kosmetik

Glukomanan dan berbagai kandungan hebat lainnya dari tanaman porang, juga bermanfaat di dunia kecantikan. Bisa menjadi bagian pembuatan produk anti aging hingga berbagai alat makeup dan skincare.

 

Trik Budidaya Tanaman Porang

Untuk petani yang mau membudidayakannya, perlu memastikan beberapa trik. Seperti, pH tanah sebagai media tanam harus ada diantara 6-7. Kemudian, selama proses pertumbuhannya tidak boleh tergenang air.

Trik berikutnya, memilih tanaman naungan yang tepat seperti pohon sono, jati atau mahoni. Jika akan menanamnya di media utama, disarankan melakukan saat musim kemarau agar perkembangannya lebih baik dan sesuai target.

Lalu untuk memilih bibit terbaik, lakukan pengembangan bibit secara generatif dengan memanfaatkan media polybag berisi tanah. Terakhir, untuk panen harus dipastikan tumbuhan sudah berusia dua tahun. Namun, jangan lupa mengecek setiap umbi usia tersebut sehingga dapat dipanen bagian paling bagus dan bernilai jual tinggi.

Anda tertarik menjadi salah satu petani tanaman porang? Jangan takut memulai, lalu pastikan membudidayakan dengan trik yang jelas. Supaya semua manfaat terbaiknya didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.