5 Penyebab Bangunan Mudah Runtuh

5 Penyebab Bangunan Mudah Runtuh

Setidaknya ada 5 faktor penyebab bangunan mudah runtuh, dari kekuatan bahan, pondasi, kesalahan pekerja, beban, hingga bahan yang tidak diuji. Faktor-faktor ini lebih tepatnya disebabkan ketidak telitian dalam pembangunan. Padahal sekarang ini teknologi dalam konstruksi semakin maju.

Dalam hal kekuatan bahan, sudah ada beton instan yang bisa digunakan dengan mudah oleh para pekerja bangunan. Material ini memiliki formula khusus dari perbandingan semen, pasir, batu split, hingga zat aditif yang bisa menghasilkan beton berstandar.

Belum lagi material lainnya yang semakin mudah ditemukan, sehingga masyarakat bisa lebih baik dalam pembangunan hunian. Tinggal bagaimana caranya merancang sebuah bangunan agar kuat dan tahan lama.

Nah, simak apa saja faktor penyebab bangunan mudah runtuh berikut!

1.      Pondasi yang Lemah

Pondasi memiliki peran penting dalam menjaga struktur bangunan. Apalagi kondisi tanah di Indonesia kebanyakan berada di kawasan yang tidak stabil. Sehingga membutuhkan pondasi yang kuat dan bisa menahan goncangan.

Dalam pembuatan pondasi ini diperlukan dua pertimbangan. Pertama terkait dengan kondisi tanah, dan kedua terkait dengan perencanaan pembangunan, apakah untuk bangunan satu lantai atau lebih. Jika perencanaan awal hanya untuk satu lantai, tapi selanjutnya dijadikan dua lantai pastinya akan lebih rentan roboh.

Karena itu, biaya untuk membuat pondasi haruslah disesuaikan dengan perencanaan bangunan. Jangan terlalu berhemat yang nantinya malah akan menimbulkan kerugian besar, bahkan kehilangan nyawa.

2.      Beban Bagunan yang Terlalu Berat

Perencanaan bangunan haruslah sesuai dengan aplikasi di lapangan. Seperti dijelaskan sebelumnya, perencanaan rumah yang awalnya untuk satu lantai, tidak boleh digunakan untuk dua lantai. Sehingga membuat beban yang sangat berat pada konstruksi rumah tersebut.

Contoh seperti ini sering kali terjadi pada alih fungsi bangunan di rumah tempat tinggal. Ketika seseorang memfungsikan rumahnya menjadi tempat usaha, bisa beralih fungsi menjadi gudang, kemudian tempat tinggal dipindah di atas rumah.

Tentunya hal ini sangat berbahaya jika dilakukan. Perubahan tersebut boleh saja dilakukan asalkan dengan renovasi yang tepat.

3.      Human Error

Kesalahan pekerja dalam pembangunan juga menjadi faktor sebuah bangunan bisa runtuh. Kesalahan ini bisa dalam bentuk kesalahan dalam menggunakan material bangunan, hingga teknik pemasangan material. Seperti ketika membuat beton, pekerja tidak bisa menghasilkan beton yang kuat, karena menggunakan campuran material yang salah.

Kesalahan-kesalahan seperti ini harus bisa dihindari. Karena itu, dalam proses pengerjaan bangunan harus dilakukan sistem pengawasan yang ketat. Pengawasan tidak hanya agar pekerja bekerja dengan baik saja, melainkan juga untuk memastikan seluruh proses pengerjaan berjalan dengan baik.

4.      Bahan Bangunan tidak Sesuai Standar

Kualitas dari bahan yang digunakan juga menjadi faktor kuat tidaknya bangunan. Hal ini biasanya terjadi karena pemilik hanya terpaku pada biaya pembangunan. Sehingga terlalu berhemat yang akhirnya membeli bahan-bahan berkualitas rendah.

Padahal tidak semua bahan berkualitas memiliki harga yang mahal. Karena pastinya sudah disesuaikan dengan standar harga.

Salah satunya bahan-bahan yang disediakan SCG. Tersedia material bangunan dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Beberapa jenis material yang bisa Anda dapatkan seperti SCG Beton Instan, SCG Smartblock, semen SCG PCC, mortar perekat bata, pipa, hingga layanan pembuatan beton dengan jayamix.

5.      Kekuatan Bangunan Tidak Diuji

Pengujian bangunan ini sebenarnya menjadi langkah penting dalam proses pembangunan. Dengan uji kekuatan ini bangunan akan benar-benar bisa sesuai dengan harapan, kuat, dan tidak mudah roboh.

Beberapa tes yang digunakan berupa:

  • Covermeter test, pengukuran tebal beton.
  • Hammer test, tes untuk mengetahui kekuatan beton.
  • Impact echo test, tes dengan gelombang frekuensi untuk mengukur kekuatan bangunan.
  • Carbonation test, untuk mengetahui ketahanan tulangan baja.
  • Pulse echo test, tes dengan alat pulse echo yang berteknologi tinggi.

Berbagai uji ini bisa memastikan bahwa sebuah bangunan menjadi layak huni atau tidak. Sehingga akan menimbulkan rasa aman dan terhindar dari ancaman bangunan roboh.

Nah, itulah 5 faktor penyebab bangunan mudah runtuh yang harus dihindari. Untuk mendapatkan material terbaik, SCG menyediakan berbagai material bangunan berkualitas. Kunjungi website SCG sekarang juga dan gunakan produk terbaik untuk bangunan yang kokoh dan tahan selamanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.