5 Rekomendasi Salep Gatal Terbaik untuk Anda

5 Rekomendasi Salep Gatal Terbaik untuk Anda

Salep Gatal adalah obat untuk Anda yang memiliki masalah kulit, kulit yang gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena alergi, eksim atau bahkan gigitan serangga. Rasa gatal yang tak bisa ditahan meninggalkan keinginan untuk menggaruknya, tapi hal inilah justru akan menimbulkan luka dan membekas, berikut adalah salep untuk gatal terbaik yang bisa Anda coba.

  • Antihistamin

Penderita kulit eksim wajib mencoba obat ini, kandungan yang ada didalamnya dapat digunakan untuk meredakan gatal, karena obat antihistamin mampu menghambat produksi dari histamin yang merupakan pemicu dari reaksi alergi yang menyebabkan rasa gatal. Obat antihistamin ini memiliki beberapa bentuk, mulai dari salep, tablet minum, sirup bahkan semprot.

  • Calamine

Kandungan dari obat ini adalah Zinc Oxide dan beberapa bahan lainnya, salep ini dapat digunakan untuk meredakan gatal yang diakibatkan oleh reaksi dari alergi ringan, cara menggunakan salep ini pun sama seperti menggunakan salep gatal lainnya, hanya oleskan pada area kulit yang gatal, namun, tidak diperbolehkan untuk mengoleskan pada area mata, hidung dan mulut.

  • Menthol

Menthol adalah suatu senyawa yang biasa ditemukan di daun peppermint, daun peppermint diketahui memiliki sensasi dingin, sensasi dingin inilah yang disebabkan oleh menthol. Ketika Anda merasa gatal pada area tertentu, Anda bisa menggunakan krim yang memiliki kandungan menthol sehingga membuat Anda mampu mengalihkan perhatian Anda dari rasa gatal yang dirasakan.

Menthol dipercaya efektif untuk meredakan rasa gatal, tapi tidak semua orang bisa merasakan keefektifannya, beberapa orang alergi terhadap kandungan menthol pada obat, dan jika Anda memaksakan untuk menggunakan obat ini justru akan menimbulkan dampak negatif seperti timbulnya reaksi alergi parah.

  • Kortikosteroid Topikal

Salah satu dari jenis obat ini adalah hydrocortisone. Hydrocortisone merupakan obat ringan yang mampu meringankan gatal akibat gatal, salep ini juga mampu meredakan gatal dan bengkak akibat dari reaksi alergi atau peradangan.

Tapi sebelumnya, Anda harus mengetahui jenis gatal apa yang Anda alami agar Anda tak salah obat, Anda bisa menghubungi dokter untuk penjelasan yang lebih lengkap, karena obat ini hanya obat ringan dan beberapa gatal mungkin tak bisa teratasi oleh salep ini.

  • Diphenhydramine

Diphenhydramine adalah obat krim, gel, maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Obat ini mampu menghambat efek gatal yang disebabkan oleh histamin pada tubuh. Namun, Anda harus berhati hati ketika menggunakan obat ini karena bagi beberapa orang justru krim ini dapat mengiritasi kulit dan malah menimbulkan alergi.

Itulah beberapa salep terbaik untuk mengatasi gatal pada kulit Anda, jika gatal tak kunjung hilang segera hubungi dokter untuk mengetahui kondisi Anda selengkapnya, pilihlah salep yang sesuai dengan jenis gatal yang Anda rasakan untuk menghindari risiko lainnya.

Anda juga dapat menemukan artikel kesehatan lainnya di Orami Magazine yang menyajikan artikel-artikel mengenai kesehatan ter-update, untuk membantu Anda menambah ilmu demi kesehatan tubuh yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.