Bangun Rumah Tanpa Merusak Lingkungan, Begini Caranya!

Bangun Rumah Tanpa Merusak Lingkungan, Begini Caranya!

Seperti yang Anda ketahui sendiri kalau lahan di sekitar sudah berkurang karena pembangunan hunian atau bangunan baru. Jadi jangan heran kalau banyak terjadi bencana alam. Namun kondisi tersebut setidaknya bisa dihindari dengan membangun rumah menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan.

 

Sebenarnya material bangunan yang digunakan berpengaruh besar terhadap lingkungan. Apalagi kalau bahan bangunan yang Anda gunakan mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui apa saja cara membangun rumah tanpa merusak lingkungan sekitar berikut ini!

5 Tips Bangun Rumah Ramah Lingkungan

Membangun rumah kini bisa didesain dengan tema yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan sekarang muncul konsep rumah ramah lingkungan, yaitu hunian asri di area padat penduduk.

 

Sebaiknya Anda pun mengusung tema hunian green living ini jika ingin membangun rumah baru. Jangan lupa barengi dengan mengikuti 5 tips di bawah.

 

1.  Gunakan Material yang Ramah Lingkungan

Seperti yang Anda tahu, material adalah pondasi utama dalam membangun rumah. Bahan tersebut tentunya tidak sedikit, Anda akan dihadapkan pada pilihan material yang sangat beragam. Namun sebaiknya Anda memilih material alami yang memang lebih ramah lingkungan.

 

Meski begitu, bahan bangunan tersebut harus tetap memiliki daya tahan yang tinggi seperti batu bata ringan. Penggunaannya akan meningkatkan keindahan bangunan sekaligus memberi kesan lebih hijau dan tahan api.

2.   Hindari Penggunaan Sekat

Membangun rumah yang ramah lingkungan sama dengan meminimalisir penggunaan sekat atau dinding pemisah di dalam rumah. Tips yang satu ini sangat penting dilakukan demi menjaga sirkulasi udara di dalam bangunan agar proses penyaluran udara jadi lebih merata. Sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan AC.

 

Konsep rumah ramah lingkungan dengan ruang terbuka tanpa dinding adalah solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan sempitnya lahan bangunan.

3.   Tambahkan Panel Surya

Karena disini Anda menggunakan konsep green living, maka jangan lupa tambahkan panel surya sebagai cadangan energi rumah yang ramah lingkungan. Meskipun penggunaan panel surya tersebut cukup mahal, tapi langkah ini merupakan cara tepat untuk melestarikan alam.

 

Penggunaan panel surya juga tidak akan membuat Anda khawatir terkait tagihan listrik atau bahan bakar yang membengkak. Sehingga panel surya bisa jadi investasi yang menguntungkan di masa depan.

4.   Buat Ruang Terbuka Hijau Minimalis

Walaupun lahan hunian yang Anda miliki tidak terlalu luas, tapi sebisa mungkin sisakan sedikit bagian untuk membuat ruang terbuka hijau meski minimalis.

 

Apalagi kalau ditambah hiasan dan furniture cantik, selain menambah unsur estetika, ruang hijau tersebut juga cocok jadi tempat menanam tumbuhan hias seperti bunga atau bahkan membuat lubang resapan.

5.   Tiru Desain Arsitektur Rumah Tradisional

Jangan berpikir kalau desain rumah tradisional akan membuat hunian rumah Anda terlihat kuno. Pasalnya jika diaplikasikan dengan teknik dan konsep yang benar, desain rumah tradisional tersebut bisa jadi referensi ideal untuk membangun rumah yang ramah lingkungan.

 

Karena faktanya arsitektur rumah tradisional sendiri lebih berpatok pada alam dan lingkungan sekitar. Cobalah lihat desain rumah panggung, konsep ini efektif mencegah kelembaban tanah dan juga memperlancar sirkulasi udara.

 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu hal terpenting dalam membangun rumah green living adalah dengan menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan mulai dari semen go green hingga batu bata ringan dari SCG yang kini hadir dengan produk SCG Smartblock.

 

SCG Smartblock cocok digunakan untuk dinding exterior, interior, bahkan kuat menahan beban. Sehingga rumah Anda pun akan lebih kokoh, aman, serta sejuk. Uniknya, material ini mampu mengurangi perpindahan panas sehingga menghemat tagihan listrik hingga 30%.

 

SCG Smartblock yang efektif meredam suara dari luar, menahan api, dan menyerap tekanan gempa tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website https://scgcbm.id/ sekarang juga. Jangan ketinggalan, ayo segera bangun hunian ramah lingkungan impian Anda bersama SCG!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *