Ingin Masuk Hotel Lebih Cepat? Pahami Dulu Prosedur Early Check-in!

Ingin Masuk Hotel Lebih Cepat? Pahami Dulu Prosedur Early Check-in!

Baru kali pertama booking kamar hotel di Bandung? Bagi pemula, pengalaman ini bisa merepotkan karena mereka belum terlalu familiar dengan istilah-istilah perhotelan. Salah satunya check-in, istilah yang merujuk pada waktu masuk kamar hotel sesuai jam yang telah ditentukan.

Sebagian besar hotel menerapkan check-in pada pukul 14:00 atau dua siang. Namun, bagaimana kalau Anda harus masuk lebih awal karena alasan-alasan tertentu? Dalam hal ini, tamu bisa mengajukan early check-in yang prosedurnya bisa Anda simak di bawah ini.

Pahami prosedur check-in di hotel

Sebelum meminta early check-in, ada baiknya Anda memahami prosedur check-in. Check-in dilakukan setelah Anda melakukan reservasi dengan menyebutkan identitas kepada resepsionis hotel. Kalau Anda memesan kamar hotel secara online, tunjukkan voucher yang dikirimkan hotel lewat e-mail Anda.

Sebagian besar hotel di Indonesia akan meminta tamu menunjukkan KTP asli (kalau Anda termasuk wisatawan lokal) atau menyerahkan fotokopi KTP. Selain itu, ada beberapa hotel yang menerapkan kebijakan deposit dengan nominal tertentu yang akan dikembalikan saat check-out kalau Anda tak mengajukan klaim tertentu.

Aturan dan tips early check-in di hotel

Early check-in adalah kondisi di mana Anda melakukan check-in sebelum waktu lazimnya (sebelum pukul 14:00). Ada beberapa hotel yang terkadang mengizinkan tamu melakukan hal ini dalam kondisi tertentu. Misalnya saat di luar peak season sehingga kemungkinan kamar tidak penuh dan tamu bisa menempati kamarnya lebih awal.

Meski begitu, Anda tak bisa early check-in sembarangan, sebab ada sejumlah aturan dan tips yang sebaiknya diperhatikan, yaitu:

  • Kabari resepsionis hotel. Hindari early check-in mendadak, kecuali sifatnya darurat. Beri tahu resepsionis tentang rencana Anda masuk hotel lebih awal sejak reservasi. Dengan begitu, pihak hotel dapat mempersiapkan kamar Anda terlebih dulu.
  • Menyiapkan biaya tambahan. Sebagian hotel mungkin akan meminta biaya tambahan saat Anda hendak melakukan early check-in. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menanyakannya dan segera siapkan kalau Anda diharuskan membayar.
  • Menunggu di lobby lounge. Pihak hotel umumnya akan meminta tamu menunggu di lobby lounge saat hotel penuh. Sejumlah hotel bintang lima bahkan menyediakan fasilitas seperti shower area untuk membersihkan tubuh atau istirahat sebelum melakukan early check-in.
  • Titipkan barang pada pihak hotel. Anda dapat menitipkan barang bawaan kepada pihak hotel kalau ingin langsung jalan-jalan ke objek wisata. Hotel nantinya akan mengantarkan barang tadi ke kamar sesuai waktu early check-in yang sudah disepakati.

Early check-in di hotel membawa keuntungan saat Anda sedang dikejar jadwal atau memerlukan waktu tambahan untuk merapikan barang bawaan. Kemudian, usahakan datang tepat waktu kalau Anda tak mau pihak hotel membatalkan pengajuan early check-in. Persiapkan juga berkas-berkas yang diperlukan untuk check-in setibanya di hotel agar bisa cepat masuk kamar.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *