Sepanjang 2020 Kementerian Perhubungan (Kemenhub), telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur pendukung transportasi darat. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, sepanjang 2020 Kemenhub telah melakukan revitalisasi dan rehabilitasi 18 terminal tipe A. Ia juga mengatakan, pihaknya pada 2020 ini berhasil membangun terminal barang internasional di Kalimantan Barat, Aruk dan juga di Nusa Tenggara Timur.

"Selain itu, kami juga telah menyelesaikan terminal tipe A yang berada di luar Pulau Jawa. Terminal yang telah dibangun pada 2020 ini diantaranya, di Medan, Samarinda, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara serta di Papua yang baru saja selesai," kata Budi Setiyadi dalam diskusi virtual, Rabu (23/12/2020). Budi Setiyadi juga mengungkapkan, terkait pembangunan terminal ini bukan hanya tentang fisiknya saja tetapi harus dipikirkan operasionalnya juga serta manfaatnya.

"Maka dari itu, untuk proyek terminal di Tirtonadi nanti kita akan menyediakan ballroom yang mampu menampung 1.000 hingga 2.000 orang dan juga membangun fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat," ucap Budi Setiyadi. Pada 2021 nanti, lanjut Budi Setiyadi, pihaknya akan melanjutkan pembangunan terminal di beberapa wilayah seperti di Solo untuk menunjang keberlangsungan transportasi angkutan darat di berbagai wilayah. "Dengan pembangunan terminal ini, tentunya dapat menjaga konektivitas melalui angkutan darat dan membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih mudah," ucap Budi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *