Memahami Payment Aggregator Lebih Cerdas

Memahami Payment Aggregator Lebih Cerdas

Payment link adalah layanan yang bisa menguntungkan bisnis anda. Layanan ini menyediakan fasilitas pembayaran dari berbagai macam bank. Pada umumnya payment agregator telah mempunyai akun pembayaran online dari berbagai bank yang telah tersedia di Indonesia.

Apa yang harus dipahami dari payment aggregator?

  1. Cara Kerja Payment Agregator

Penyedia payment ini bertindak sebagai pihak ketiga, serta mempunyai peran mengumpulkan seluruh transaksi penjual dari satu akun rekening. Pihak ketiga juga bisa meminjamkan akun bank lain kepada pemilik toko online sebagai rekening pembayaran konsumen, dan untuk memudahkan transaksi.

Anda bisa menerima pembayaran dari konsumen menggunakan kartu debit dan kredit dari Bank tertentu. Pembayaran tersebut bisa dilakukan tanpa harus membuka rekening di bank tersebut. Hadirnya payment agregator membuat para pebisnis tidak repot mengenai urusan penerima transaksi

Kepraktisan yang dihadirkan oleh payment jenis ini mendorong pebisnis dan konsumen, utamanya untuk mulai beralih menggunakan sistem pembayaran online. Layanan payment agregator menawarkan solusi terbaik bagi para pelaku bisnis untuk menerima pembayaran dari siapa saja.

Contohnya adalah konsumen a memesan produk dan memilih pembayaran menggunakan Bank BCA. Sedangkan anda sebagai pebisnis atau penjual hanya mempunyai rekening Bank mandiri. Kejadian tersebut tentu menyulitkan konsumen yang hendak membayar karena rekening tujuan berbeda bank.

Walaupun transfer dapat dilakukan saat itu juga, pada dasarnya konsumen mau tidak mau tetap dikenakan biaya transfer antar bank. Tentu ceritanya akan berbeda jika menggunakan payment agregator. Konsumen bisa melakukan pembayaran pesanan ke nomor rekening yang telah dipinjam.

Dana tersebut nanti akan tersalur ke rekening yang telah didaftarkan. Baik pembayaran dengan rekening bank yang sama atau berbeda, tentunya akan menjadi lebih sederhana dengan layanan ini. Kesederhanaan ini membuat seluruh dana akan dikumpulkan ke akun rekening milik anda saja.

  1. Pentingnya Payment Agregator

Hadirnya payment agregator sangat penting bagi pertumbuhan bisnis, karena merupakan metode pembayaran yang sangat menguntungkan. Utamanya bagi para pebisnis baru yang mengalami kesulitan dalam proses penerimaan pembayaran atau belum punya modal besar untuk bermitra.

Pada umumnya mitra memang sangat penting, terutama menjalin mitra dengan bank. Namun, hal tersebut sulit dilakukan apabila pebisnis baru yang melakukannya. Untuk itu, payment aggregator diperlukan, karena menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh bank konvensional.

Saat menggunakan layanan payment ini , tentu pembayaran akan dilakukan secara offline dan online. Penyedia layanan juga akan menerapkan pembayaran online dengan nominal relatif kecil untuk setiap transaksi. Hal tersebut tentu akan cocok bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

  1. Payment Agregator dan Payment Gateway

Payment agregator dan payment gateway mempunyai tujuan yang sama yakni memudahkan proses pembayaran atau transaksi perbankan. Payment gateway berwujud perangkat lunak yang bekerja secara online dan punya fungsi sebagai point of sale.

Berbeda halnya dengan payment agregator, pelayanan jenis ini adalah layanan pembayaran yang menjembatani pihak pembeli dengan bank atau pihak penjual dengan bank.

Pada umumnya payment agregator memanfaatkan link yang mempunyai fungsi utama. Fungsi utama dari payment link adalah untuk melancarkan setiap proses transaksi. Tanpa link tersebut tentunya proses pembayaran dari konsumen dan pencairan dana ke penjual tidak bisa dilakukan.

Payment agregator dan payment gateway mempunyai cakupan luas sebab berbasis online. Namun, seringkali melayani pembayaran secara offline karena payment agregator masih membutuhkan terminal pembayaran. Berbeda dengan payment gateway yang tidak memerlukan terminal karena telah memanfaatkan aplikasi tertentu yang telah diintegrasikan ke toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.