Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menggali potensi kelautan dan perikanan di daerah Kabupaten Belitung. Dia menilai Belitung tidak hanya unggul soal pariwisata produktivitas kelautan dan perikanan juga bisa ditingkatkan, antara lain bisa menjadi pusat budidaya. “Dari pertama dengan Bapak Bupati saya melihat itu yang namanya laut belitung ini namanya laut tenang yaitu anugerah dari Tuhan yang menurut pandangan saya ini bisa dijadikan menjadi satu pusat ekonomi baru di sektor kelautan” terang Menteri Trenggono, Sabtu (27/3/2021).

Potensi budidaya di Kabupaten Belitung didukung oleh infrastruktur yang alami sehingga cocok untuk budidaya kerapu, kakap putih dan rumput laut. Rencana pengembangan industri perikanan di Belitung akan dimulai di 2021, seperti pengembangan budidaya lobster, kerapu, kakap putih dan rumput laut. Bupati Belitung Sahani Saleh menjelaskan bahwa saat ini sedang menggarap infrastruktur terutama pelabuhan perikanan untuk mendukung rencana pengembangan wilayah perikanan Belitung.

Nantinya wilayah ini akan dijadikan semacam pusat untuk pengembangan kelautan dan perikanan Belitung, bukan hanya wilayah tangkap tapi juga dengan budidaya. “Kelautan dan perikanan memberikan kontribusi peningkatan perekonomian Kabupaten Belitung selain dari pariwisata. Nelayan juga memberikan dampak dalam segi pengembangan perekonomian di daerah ini,” paparnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *