Serba-Serbi Dekspanthenol, Bahan Alami Untuk Iritasi Kulit Bayi

Serba-Serbi Dekspanthenol, Bahan Alami Untuk Iritasi Kulit Bayi

Iritasi kulit pada bayi kerap menjadi momok bagi orang tua. Pasalnya, walaupun termasuk masalah Kesehatan yang tidak berbahaya namun iritasi seperti ruam popok atau heat rash dapat mengganggu kenyamanan si Kecil. Bayi jadi gampang menangis dan rewel karena merasa gatal atau bahkan perih di area yang teriritasi. Untuk mengatasi keluhan iritasi, biasanya salep ruam yang mengandung deksphantenol digunakan secara rutin pada kulit bayi yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. 

Menariknya, ternyata dekspanthenol juga umum digunakan sebagai komposisi skincare orang dewasa mulai lotion hingga pelembab wajah. Pertanyaannya adalah, sebenarnya apa sih dekspanthenol itu? Dan apa saja manfaatnya sehingga digunakan secara luas untuk merawat Kesehatan kulit termasuk kulit bayi? Yuk, simak rangkuman informasinya di bawah ini.

Dekspanthenol [1]

Dekspanthenol adalah nama lain dari pro vitamin B5. Sama seperti kelompok vitamin lain pada umumnya, dekspanthenol tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar jika dalam konteks makanan. Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin tersebut, Moms juga bisa mendapatkannya melalui produk yang mengandung dekspanthenol seperti salep, krim atau pelembab. 

Oleh karena merupakan bahan alami, dekspanthenol relatif aman digunakan setiap hari termasuk pada kulit bayi yang sensitif. Dengan penggunaan teratur, bahan ini dapat membantu melembutkan dan melembabkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering hingga pecah-pecah yang juga menjadi tanda bagi iritasi kulit. 

Manfaat Dekspanthenol [1,2]

Dekspanthenol memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit. Manfaat tersebut ternyata tidak hanya dapat dirasakan oleh buah hati dengan kulit sensitifnya, namun juga orang dewasa yang ingin merawat Kesehatan kulit.

  • Membantu menjaga kelembaban kulit

Kulit bayi maupun orang dewasa sama-sama berpotensi mengalami kekeringan yang diakibatkan oleh beragam faktor, mulai dari iritasi hingga dehidrasi. Dekspanthenol yang memiliki sifat humektan mampu mengikat air dan menguncinya di dalam sel kulit sehingga kulit senantiasa terhidrasi dengan baik sehingga terasa lembab dan jauh dari kulit kering. Fungsi dekspanthenol ini tentu saja akan semakin maksimal bila dibarengi dengan konsumsi cairan yang cukup setiap harinya.

  • Merangsang pembentukan kolagen

Kolagen adalah sejenis protein yang dibentuk oleh sel-sel kulit untuk menjaga keremajaannya. Penggunaan produk dengan kandungan dekspanthenol dapat membantu merangsang produksi protein tersebut sehingga tidak heran bila dengan pemakaian teratur, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal. Ini juga yang menjadi alasan mengapa dekspanthenol banyak dijumpai di produk anti penuaan miliki orang dewasa.

Selain membantu menjaga keremajaan kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit yang sudah rusak, misalnya karena lecet atau iritasi. Dengan bantuan kolagen, sel kulit akan terbarui sehingga luka jadi lebih cepat sembuh. Itulah sebabnya, dekspanthenol juga dijadikan bahan aktif pada krim ruam popok yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan ruam.

  • Bersifat antiinflamasi

Salah satu tanda dari ruam popok yang sering diderita bayi adalah kulit kemerahan yang mengilap dan perih ketika disentuh. Kemerahan inilah yang menjadi tanda terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari alergi hingga gesekan antara kulit dengan permukaan popok. Dekspanthenol yang memiliki sifat anti inflamasi membantu meredakan peradangan tersebut. Dengan penggunaan teratur, kulit yang mulanya merah dan “tegang” akan berangsur lebih tenang dan kemerahan pun memudar. Dengan begini, si Kecil juga akan merasa lebih nyaman karena perih yang dirasakan jadi berkurang.

  • Menjaga kekenyalan kulit

Masih berkaitan dengan dekspanthenol yang merangsang produksi kolagen, ternyata protein tersebut juga memiliki andil dalam menjaga kekencangan dan kepadatan kulit. Alhasil, dengan pemakaian dekspanthenol secara teratur kulit akan terasa kenyal dan segar seperti kulit remaja belia. 

Dekspanthenol untuk Iritasi Kulit Bayi

Salah satu jenis iritasi kulit yang sering dialami bayi di bawah 2 tahun adalah ruam popok. Ruam ini ditandai dengan kulit yang memerah, perih saat bersentuhan dengan permukaan popok, gatal dan bahkan berair pada kasus yang parah. Meskipun memang ruam dapat sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja tidak boleh dibiarkan karena membuat buah hati tidak nyaman. [3]

Untuk mengatasinya, Moms bisa mengoleskan salep dengan kandungan dekspanthenol. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dekspanthenol memiliki sejumlah manfaat yang berguna untuk merawat kulit bayi yang sedang iritasi, misalnya: [1,2]

  • Membantu menjaga kelembaban alami kulit
  • Membantu meredakan peradangan dan kemerahan
  • Merangsang produksi kolagen agar luka cepat sembuh karena regenerasi sel kulit yang baik

Salep ruam popok Bepanthen mengandung deksphantenol dan juga lanolin yang baik untuk merawat kulit bayi yang sedang terkena iritasi seperti ruam popok. Oleh karena berasal dari bahan alami, Bepanthen aman digunakan setiap hari sesuai anjuran. Selalu sediakan salep ruam ini di rumah supaya dapat segera memberikan pertolongan pada si Kecil kapanpun ruam menyerang. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.