Tips Mengganti Absorber Printer Canon di Rumah

Tips Mengganti Absorber Printer Canon di Rumah

Hola guys, kamu semua punya printer sendiri nggak kalau di rumah? Asal kalian tahu, printer zaman sekarang sudah banyak yang canggih loh, mulai dari printer infus yang merupakan model terbaru dari printer inkjet, sampai printer multifungsi yang mampu melakukan 3 hal yakni print, scan dan copy.

Tidak berhenti sampai di situ, printer infus atau printer multifungsi pun ada juga yang sudah berteknologi wireless, anti tumpah, dan memiliki suku cadang yang mudah dibongkar pasang dalam maintenance. Untuk kamu yang saat ini sudah punya printer sendiri di rumah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tangki tinta dan juga Absorber printer.

Absorber printer itu adalah bantalan yang berfungsi untuk menyerap residu atau sisa tinta ketika kamu akan mencetak dokumen. Nah, apabila bantalan penyerap tinta ini sudah penuh dengan residu yang sudah lama, kamu harus segera membersihkannya agar kegiatan cetak/print tidak akan terganggu ke depannya. Jangan khawatir, kalau kamu belum punya pengalaman untuk mengganti Absorber, postingan di bawah ini akan membantumu untuk melakukan penggantian absorber sendiri di rumah dengan lancar.

  • Cek Indikator pada Absorber printer

Pertama-tama, perhatikan dulu status yang ditunjukkan oleh Absorber ini. Di mesin printer Canon PIXMA G Series, misalnya, kamu akan berkenalan dengan 2 jenis indikator, yaitu Support Error 1727 (hampir penuh) dan Support Error 1726 (penuh). Kedua pesan ini yang akan menjadi indikator utama alias kondisi terupdate dari Absorber printermu, ya. Jangan tunggu sampai penuh, jadi bila sudah melihat indikator Support Error 1727, jangan tunda untuk segera mengganti bantalan tinta tersebut.

  • Matikan mesin printer dan cabut kabelnya

Setelah kamu mengetahui status Absorber (Support Error 1727 dan 1726) di atas, langkah selanjutnya adalah mencabut daya mesin printer. Yup, cabut alias matikan tombol power (ON) yang masih tersambung. Jangan lupa juga, cabut semua colokan pada kabel USB, siapa tahu masih ada kabel yang menghubungkan antara printer ke laptop atau PC-mu.

  • Buka baut yang terletak di bagian belakang printer

Jika kamu sudah selesai memastikan bahwa mesin printer sudah non aktif, lanjutkan dengan membuka baut untuk membuka wadah bantalan/ ink Absorber yang terletak di bagian belakang mesin printer. Baut ini gunanya untuk mengunci dan menjaga tempat Absorber supaya tidak terkontaminasi dari debu dan kotoran. Nah, proses untuk membukanya pun juga cukup mudah. Setelah baut tersebut sudah terbuka, kamu bisa langsung membuka bagian cover ink Absorber.

Oh iya, karena Ink Absorber adalah bantalan yang pastinya berisi banyak gumpalan dan reisdu tinta, kamu wajib berhati-hati saat akan menariknya keluar. Jangan sampai terburu-buru dan menariknya dengan kasar. Pasalnya, bisa menyebabkan kumpulan tinta yang ada pada Absorber menjadi luber alias tumpah ke mana-mana.

  • Siapkan Absorber printer yang baru

Nah, kira-kira, seperti inilah tampilan Ink Absorber baru yang harus kamu pasangkan. Di langkah ini, kamu juga harus memperhatikan baik-baik tanda silang yang ada pada gambar. Artinya, bagian tersebut jangan sampai terkena sentuhan ya. Jadi, kalau kamu ingin memasangkan Ink Absorber yang baru, berhati-hatilah dengan memegang bagian lain yang tidak ada tanda silangnya.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan memasang ink absorber yang baru secara perlahan, sama hati-hatinya seperti saat kamu menarik Ink Absorber yang lama. Setelah kamu selesai memastikan Ink Absorber kini terpasang dengan baik, lanjutkan tahapan ini dengan memasang cover atau penutup Ink Absorber dan kunci dengan dengan baut penguncinya.

Jika baut pengunci Absorber sudah terpasang dengan rapat, kamu bisa melanjutkan untuk memasang kembali kabel daya atau power. Pada tahapan ini, seharusnya sudah cukup aman bagimu untuk menyalakan mesin printer agar bisa digunakan seperti sedia kala. Yup, kini pInk Absorber pada printer multifungsi milikmu sudah berhasil diganti dengan yang baru tanpa harus ke tempat service printer, sambil repot-repot membawa mesin printer.

Jadi, demikian info terkait cara mengganti Absorber printer Canon yang bisa kamu terapkan juga di rumah. Cukup praktis dan mudah, bukan? Info terbaru juga bisa kamu dapatkan dengan mengecek website resminya ataupun akun Instagramnya di @canon.indonesia. Semoga berhasil ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.